Soto Khas Bandung

Soto Khas Bandung

Soto Khas Bandung

Soto merupakan makanan yang hampir bisa ditemukan diseluruh nusantara, banyak ragam atau variasi rasa soto. Soto digemari selain karena rasanya yang enak juga mudah dibuat dan tidak ribet.

Bandung sebagai salah satu destinasi wisata, juga memiliki soto yang khas. Dengan menggunakan campuran daging sapi dan lobak membuat soto khas bandung mudah dibedakan dengan soto dari daerah lainnya.

Soto Bandung lebih menyerupai sup daripada resep soto lainnya yang umumnya berbumbu kompleks dan komplit. Tapi dengan racikan bumbu yang sederhana, hidangan ini bisa menjadi sajian yang lezat dengan racikan bahan pelengkap yang tepat.

Selain rasa kuah yang pas asin dan manisnya, kunci kenikmatan Soto Bandung terletak pada saat penambahan kecap manis dan air jeruk limau atau air jeruk nipis sesaat sebelum dihidangkan. Beri kecap manis secukupnya (jangan terlalu banyak) tetapi tambahkan lebih pada air jeruk nipis, sekitar 1 sdm di mangkok saji anda, dijamin Soto Bandung anda akan terasa segar dan nikmat. Bagi yang suka pedas dan ingin sajian sambal praktis, pakai Sambal ulek.

Berikut bahan dan cara membuat soto khas Bandung.

Bahan-bahan
1/2 kg daging sengkel
1 buah lobak potong2
2 lbr daun salam
1 sereh geperek
1 ruas jahe geprek
2 sdt kaldu sapi non msg
1/2 kaldu jamur
1 sdt cuka
secukupnya Merica
secukupnya Garam
2 lbh bawang daun potong2
3 sdm minyak goreng utk menumis

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
secukupnya Merica
secukupnya Garam

Taburan:
Bawang goreng
Kedelai goreng
Kerupuk
Kecap manis

Cara pengolahannya
1. Rebus daging sapi lalu buang airnya, ganti air lalu rebus kembali fungsinya agar daging sapi empuk dan bersih.

2. Ambil dagingnya lalu potong seperti dadu masukan lagi ke air rebusanyang sebelumnya.

3. Tumis bumbu halus lalu masukan ke dalam kuah bersama daun salam, sereh, jahe, garam, kaldu sapi, kaldu jamur, merica, cuka, presto setengah empuk.

4. Masukan lobak presto kembali masak hingga semua empuk kemudian masukan daun bawang

5. Bila sudah matang pindahkan ke mangkuk taburi bawang goreng dan kacang kedelai lalu beri kecap manis dan perasan jeruk nipis.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.