Resep Pisang Sale

Resep Pisang Sale

Sale pisang merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari irisan buah pisang. Irisan buah pisang tersebut dijemur dibawah terik matahari terlebih dahulu selama 4 atau 5 hari sebelum dilanjutkan ke proses pengolahan berikutnya.

Penjemuran tersebut bertujuan untuk mengurangi kadar air yang ada di dalam buah pisang agar lebih awet dan tahan lama. Setelah dijemur, pisang sale bisa langsung dimakan ataupun digoreng dengan menggunakan balutan adonan tepung terlebih dahulu.

Meskipun bisa dibilang sangat sulit menemui sale pisang sekarang ini, namun banyak pengusaha rumahan yang telah memproduksi sale pisang untuk dijual bebas di luar negeri. Salah satu pusat produksi sekaligus perintis usaha produk sale pisang di Indonesia terletak di daerah Karangpucung dan Majenang, tepatnya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Meskipun demikian, dalam memilih sale pisang kita harus memperhatikan beberapa kriteria, mulai dari aroma, rasa, warna, kekenyalan, kerenyahan, dan ketahanan. Sifat-sifat tersebut dipengaruhi oleh pengolahan, pengepakan, dan penyimpanan.

Namun terkadang kualitas dan mutu sale pisang sekarang ini kurang baik, sebab kebanyakan dibuat saat musim hujan tiba sehingga penjemuran irisan pisang kurang kering. Apabila ingin membuat sale pisang saat musim hujan, maka harus dikeringkan dengan menggunakan pengering buatan (dengan sistem tungju).

Termasuk ke dalam produk pengeringan dan pengasapan, sale pisang memiliki rasa yang begitu khas. Saat ini, sudah banyak variasi rasa sale pisang yang dibuat agar bisa bersaing dengan jajanan modern, mulai dari rasa coklat, keju, dan lainnya.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Pisang yang biasa digunakan adalah pisang ambon atau kepok matang yang sudah tua. Untuk percobaan pertama, buat saja dalam jumlah kecil kira-kira 2 kg pisang.
  • 500 gram tepung beras
  • 250 gram tepung terigu
  • Margarin sesuai kebutuhan
  • Gula pasir sesuai selera
  • Garam sesuai selera
  • Serta minyak goreng

Cara Pembuatan:

  1. Pertama tentu kamu harus membersihkan kulit pisangnya. Baru diiris tipis dengan arah memanjang.
  2. Kemudian jemurlah pisang yang sudah diiris sampai kering. Biasanya membutuhkan waktu 5-6 hari agar pisang benar-benar kering. Ingat saat menjemur harus sering di bolak balik ya.
  3. Jika sudah kering, mari kita mulai tahapan memasaknya. Campurkan tepung beras, terigu, gula, garam dan margarin ke dalam satu tempat lalu aduk hingga adonan merata.
  4. Kemudian pisang yang sudah dijemur tadi dimasukkan ke dalam adonan tepung dan di bolak balik hingga merata.
  5. Siapkan penggorengan serta minyak yang dipanaskan lalu baru masukkan satu persatu pisang yang sudah diberi tepung.
  6. Goreng sampai warnanya kuning keemasan, angkat kemudian tiriskan

Agar sale pisang tetap renyah, tempatkan di topless. Nah, sale pisang keringnya sudah jadi, siap untuk dinikmati. Cocok deh untuk camilan sore hari bersama keluarga. Selamat mencoba resep cemikan kali ini.

You May Also Like