Resep Lontong Daun Pisang

Resep Lontong Daun Pisang

Lontong adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras. Sekilas lontong mirip dengan nasi, tapi proses pembuatan lontong berbeda dengan cara memasak nasi. Lontong dibuat dengan cara membungkus beras ke dalam daun pisang untuk kemudian dikukus di dalam dandang berisikan air mendidih selama beberapa jam. Saat ini lontong ada yang tawar alias tanpa isi maupun lontong dengan isian, biasanya berisi kentang, ayam, dan oncom.

Lontong yang tawar lebih banyak dimakan sebagai pengganti nasi, seperti untuk teman makan sate, rujak, gulai, dan di beberapa daerah di Indonesia kerap dijadikan teman makan hidangan khas daerah tersebut. Penduduk Indonesia biasa membuat lontong menjelang hari raya seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Sementara di Jawa ada hari khusus bernama hari raya ketupat yang jatuh pada lima hari setelah hari raya Idul Fitri.

Membuat lontong daun pisang langsung dari beras yang menggunakan panci biasa memang memerlukan waktu yang lumayan lama agar benar-benar padat dan kering, serta hasilnya tidak cepat basi. Karena memiliki rasa dan aroma yang khas, maka lontong resep ala tradisional ini masih sering diterapkan dalam melengkapi sajian lebaran idul fitri maupun hari raya idul adha di rumah. Bagi anda yang belum mengetahui cara membuat lontong maka berikut kami berikan resepnya khusus untuk anda.

Bahan-bahan :

  • 600 gram beras yang sedang pulennya
  • 2 lembar daun pandan
  • Air untuk merendam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya, bakar sebentar di atas api atau dijemur agar lemas
  • Lidi secukupnya dipotong-potong runcing
  • Air untuk merebus lontong secukupnya.

Cara membuat lontong :

  1. Beras yang sudah dicuci bersih selanjutnya kita rendam dengan air secukupnya hingga beras terendam, rendam selama 2 jam kemudian tiriskan.
  2. Gulung setiap lembaran potongan daun pisang (posisi daun bisa dibalik serta boleh juga ditumpuk dua bila perlu), lalu lipat salah satu ujungnya serta semat dengan lidi.
  3. Masukkan beras setengah dari ukuran panjang lontong, lalu lipat dan semat dengan lidi di ujung yang satu lagi. Lakukan hingga semua bahan habis.
  4. Isi panci rebusan dengan takaran air secukupnya agar lontongnya bisa terendam seluruhnya dengan lontong dalam posisi berdiri. Waktu merebusnya bisa mencapai 7 jam atau hingga benar-benar matang agar hasilnya padat kenyal dan lembut. Tutup panci dan saat merebus tambahkan air jika sudah berkurang, bisa sampai tiga kali nambah air.

Setelah matang, lalu angkat lontong daun pisang dan tiriskan sampai benar-benar tiris sambil membiarkannya hingga dingin. Lontong akan lebih tahan lama jika kita simpan di kulkas. Sekian dari artikel ini semoga bermanfaat untuk anda.

You May Also Like