Resep Keumamah Ikan Kayu

Resep Keumamah Ikan Kayu

Bicara soal kuliner di Aceh, yang segera terlintas di benak kita adalah cita rasa yang pedas dan lemak atau yang bersantan. Karenanya, keumamah merupakan cermin yang sangat tepat untuk menampilkan kuliner Aceh. Bedanya, lemak dalam keumamah bukan berasal dari santan, tapi dari minyak kelapa yang digunakan untuk memasaknya.

Keumamah Ikan kayu khas Aceh di kenal juga dengan nama Gulaie Keumamah atau lebih populer di sebut Eungkot Kayee. Pada dasarnya, Keumamah Ikan kayu khas Aceh adalah daging ikan tongkol yang di rebus, kemudian di keringkan dengan cara diasap, karena ikan kering menjadi keras seperti kayu. Maka di sebut juga sebagai ikan kayu ( engkot kayee ). Orang Jepang juga mengenal ikan kering seperti ini, di sebut katsubushi. biasanya di serut halus sebagai penyedap rasa berbagai kuah. Makanan Tradisional ini bakal bikin kamu ketagihan.

Bahan-bahan:

  • 8 potong Ikan Kayu (ikan tongkol yang sudah direbus dan dijemur)
  • 100 gr Bawang Merah
  • 100 gr Cabai Merah Segar
  • 100 gr Asam Sunti
  • 1 sdt Kunyit Bubuk
  • Cabai Rawit Secukupnya
  • Minyak Goreng Secukupnya Secukupnya Air
  • Penyedap Rasa Secukupnya
  • Jeruk Nipis Secukupnya
  • 4 ekor ikan tongkol (yang digunakan yang ukurannya sedang setelah direbus dibelah 2 menjadi 8 potong).

Cara Membuat :

  1. Pertama Bersihkan ikan tongkol dengan cara disisik (kepala ikannya dibuang saja) lalu cuci hingga bersih. Lalu lumuri dengan garam dan jeruk nipis lalu masukkan ikannya kedalam wajan perebusan dan tambahkan air secukupnya. Dan rebus sampai matang.
  2. Jika sudah matang. Angkat ikan dan tiriskan.
  3. Lalu belah dua ikannya dan jemur (jemur kurang lebih 2 hari dan mataharinya harus terik ya, jangan lupa ikannya dibolak-balik). Tapi dijemur jangan terlalu keras juga ya.
  4. Jika ikannya sudah dijemur 2 hari dan ikan tongkolnya pun sudah berubah nama menjadi ikan kayu karena sudah kering dan keras.
  5. Nah sekarang saatnya kita memasak. Ambil ikan kayu tadi cuci yang bersih. Lalu ambil pisau dan iris/rajang kecil-kecil dan tipis ikan kayunya. Lakukan sampai semuanya habis dan sisihkan.
  6. Kemudian dilanjutkan dengan mengupas kulit bawang dan buang tangkai cabai merah dan cabai rawitnya, lalu cuci yang bersih. Setelah dicuci bersih lalu bawang merah dan cabainya dirajang/diiris kecil-kecil tipis. Jika semuanya sudah dirajang/diiris lalu sisihkan.
  7. Selanjutnya ambil asam sunti lalu dicuci dan setelah dicuci lalu dihaluskan dengan diblender menggunakan air secukupnya, jangan terlalu encer ya.
  8. Jika semuanya sudah. Campurkan kedalam satu wadah ikan kayu yang sudah diiris/dirajang, kunyit, penyedap rasa, cabai merah yang sudah dirajang/diiris kecil tipis, cabai rawit yang sudah dirajang/diiris kecil tipis dan bawang merah yang sudah dirajang/diiris kecil tipis dan asam sunti yang sudah dihaluskan tadi. Lalu aduk yang rata sampai semuanya tercampur sempurna.
  9. Lalu panaskan wajan dan tambahkan minyak goreng secukupnya. Jika minyak goreng sudah mulai panas dan sedikit berasap tuangkan seluruh campuran ikan tadi kedalam wajan dan tambahkan sedikit air(sedikit saja). Lalu diaduk rata dan lihat apakah minyaknya kelihatan atau tidak, kalau tidak tambahkan lagi sampai kelihatan minyaknya, karena kalau minyaknya kurang nanti keumamahnya tidak enak.
  10. Masak keumamah kurang lebih 20 menit.10 menit pertama menggunakan api sedang besar dan 10 menit terakhir gunakan api cenderung kecil.
  11. Keumamah siap disajikan dan enak dimakan dengan nasi panas-panas.

Nah, itulah resep Keumamah Ikan Kayu yang bisa anda coba dan cicipi resep masakan satu ini, bagi anda yang ingin mencicipinya anda bisa ikuti resep masakan yang ada diatas pastinya resep kali lebih lezat dan enak. Sekian dari kami semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

You May Also Like