Resep Garang asem

Resep Garang asem

Resep Garang asem – Garang asem merupakan resep makanan khas dari  Jawa Tengah. Makanan ini sudah sangat familiar bagi masyarkat terutama orang Jawa. Banyak sekali variasi dari masakan ini seperti  resep garang asem daging, garang asem ayam, garang asem ayam bening, dan masih banyak lagi. Selain variasi dari bahannya, masakan ini juga memiliki khas yang berbeda-beda di setiap daerah di Jawa Tengah. Contohnya adalah resap garang asem khas Semarang, Kudus, Solo, dan lain sebagainya.

Garang asem menjadi salah satu makanan yang banyak di gemari oleh orang jawa karena cita rasa nya sangat cocok untuk lidah orang jawa, hal itu karena resep yang di pakai seperti resep masakan jawa pada umumnya yang di kenal pedas, manis dan gurih.

Baca Artikel Menarik Lainnya : Resep Cheese Cake Lapis Coklat

Pada makanan ini hampir semua rasa bercampur jadi satu. Seperti rasa asam dari buah belimbing yang membuat rasa masakan menjadi lebih segar, rasa pedas dari cabai hijau dan merah yang menambah gairah untuk makan, dan rasa gurih yang berasal dari santan yang menambah nikmat masakan. Untuk itu mari simak ulasan berikut ini.

Bahan Dan Bumbu :

  • Bahan pertama tentunya adalah bahan utama yaitu 750 gram – 1 kg daging ayam. Anda bisa menggunakan daging ayam kampung maupun daging ayam biasa. Disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Potong hingga menjadi 14-24 bagian.
  • Daun bawang 2 lembar.
  • Cabai hijau besar 5 batang.
  • Cabai merah 20-30 buah.
  • Belimbing wuluh 200 gram.
  • Daun salam 3 lembar.
  • Santan kental 1 liter, sebaiknya dari satu butir buah kelapa.
  • Bawang merah 10 buah.
  • Bawang putih 5 siung.
  • Lengkuas, jahe, kencur, kemiri, kunyit, serai dan ketumbar secukupnya saja, disesuaikan selera Anda.
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus.

Cara memasak garang asem daging ayam:

  1. Langkah pertama adalah bersihkan dan cuci semua bahan.
  2. Setelah bersih, haluskan bahan seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kencur, ketumbar, kemiri.
  3. Potongan daging ayam tadi dimasukkan ke dalam wadah yang besar. Kemudian, campurkan garam dan bumbu yang telah dihaluskan tadi ke daging ayam. Kemudian remas-remas agar bumbu meresap ke dalam daging ayam. Namun, cara meremasnya jangan terlalu keras agar daging ayam tidak hancur.
  4. Kemudian, setelah dirasa bumbu sudah tercampur rata, siapkan wajan dan panaskan wajan.
  5. Setelah itu, masukkan semua bahan yang telah dicampur tadi ke dalam wajan.
  6. Kemudian, tambahkan daun bawang, serai, cabe rawit, potongan blimbing wuluh, lengkuas yang dimemarkan, cabe hijau, dan santan sedikit-sedikit.
  7. Aduk rata semua bahan, tunggu sampai bumbu meresap dan daging ayam sudah mulai empuk.
  8. Setelah daging empuk, matikan kompor.
  9. Siapkan potongan daun pisang yang telah bersih. Isikan daging ayam dengan sedikit kuah dan tambahkan daun kemangi di dalam daun pisang untuk mempertajam aromanya.
  10. Bungkus dengan rapi. Setelah itu, kukus sekitar 35-45 menit.
  11. Masakan siap untuk dihidangkan dan disantap bersama.

Setelah Anda merasakan masakan ini, dijamin Anda akan ketagihan. Namun, tidak semua daerah menjual masakan ini. Maka dari itu alternatif yang bisa digunakan jika ingin memakan masakan ini adalah dengan memasaknya sendiri di rumah. Selamat menikmati hidangan makanan ini.