Chiffon Pandan

Chiffon Pandan

Seorang agen asuransi di Los Angeles, telah menemukan resep cake lembut pada tahun 1927. Dan ia menjual kue hasil karyanya ke para bintang-bintang Hollywood dan membuat kue ini untuk restoran terkenal yaitu Brown Derby. Rahasia tekstur kue atau chiffon yang ringan dan halus ini adalah minyak nabati, dan dia mengganti mentega biasa dengan minyak nabati. Suatu saat ada seorang Jendral yang bernama Jendral Mills, membeli resep dari Harry Baker pada tahun 1947, dan mempublikasikan resep itu ke majalah Better Homes and Gardens ditahun berikutnya. Bahan rahasia minyak nabati telah terungkap, dan itu menjadi berita sensasional dimasa itu. Majalah Better Homes of Gardens mengiklankan keu ini sebagai kue pertama yang luar biasa dalam 100 tahun.

Chiffon cake adalah cake dengan tekstur yang lembut seperti kapas, rendah kolesterol karena tidak terlalu banyak menggunakan telur dan juga tidak menggunakan mentega, melainkan minyak sayur. Chiffon Pandan atau biasa disebut juga kue bolu pandan, adalah makanan yang berasal dari Melayu yang diberi perasa dengan daun pandan atau disebut dengan bahasa latin (Pandanus Amaryllifolius). Berbeda dengan makanan atau bolu-bolu yang lain, kue bolu hijau atau Chiffon Pandan ini ternyata menjadi salah satu makanan duta Indonesia.

Cake ini bisa dimodifikasi menjadi beberapa varian rasa, dan tentunya sesuai selera anda. Anda juga bisa membuatnya didapur anda dengan kreasi yang anda inginkan. Dibawah ini, kami telah merangkum resep tentang cake chiffon, atau lebih dikenal dengan nama Chiffon Pandan.

  • Bahan yang perlu anda siapkan

4 butir Telur ( di ambil kuningnya saja )
4 butir Telur ( diambil putihnya saja )
100 ml Susu UHT Full Cream
50 ml Minyak Jagung/minyak sayur
130 gram Tepung terigu rendah protein (yang sudah diayak)
1 sdt Pasta Pandan
100 gram Gula Pasir

  • Cara

1. Kocok kuning telur, susu, minyak, aduk sampai rata.
2. Tambahkan tepung terigu secara bertahap kebahan yang sudah dikocok
3. Aduk rata hingga tidak ada tepung yang menggumpal
4. Panaskan oven di suhu 160’C api atas bawah
5. Mixer putih telur dan gula pasir hingga adonan menjadi soft peak atau terlihat kental, dan mengembang
6. Tambahkan 1/3 bagian adonan telur ke adonan tepung dan aduk perlahan hingga tercampur rata
7. Tuangkan adonan kedalam loyang lalu jangan lupa hentakkan sampai tidak ada gelembung udara di adonan
8. Panggang selama 60 menit, tapi jika anda melihat permukaan atas cake berubah warna agak kecoklatan, anda bisa langsung mengeluarkannya dari oven
9. Jika sudah matang, balik cake untuk proses pendinginan. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit
10. Setelah benar-benar dingin, keluarkan dari loyang dan potong sesuai selera kemudian untuk disajikan.