Membuat telur asin sendiri

Cara Mudah Membuat telur Asin Sendiri

Cara Mudah Membuat telur Asin Sendiri – Telur asin adalah salah satu cara mengawetkan makanan agar bertahan lebih lama bila dibandingkan dimasak dengan cara biasa. Telur asin juga mengandung anyak gizi yang lengkap dan kandungan mineral juga kalsium yang baik dan berguna bagi kesehatan tubuh, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan.

Telur bebek termasuk salah satu makanan yang bergizi karena memiliki kandungan selenium dan zat besi. Selenium menunjang fungsi kekebalan tubuh tetap sehat dan membantu memproduksi hormon tiroid. Sedangkan zat besi membantu sel darah merahmu mengalirkan oksigen dan berperan penting untuk memproduksi energi

Baca Juga Artikel Menarik Lain-Nya : Resep Ayam Suwir Bumbu Kecap

Brebes, Jawa Tengah adalah penghasil telur asin yang terbaik. Sudah sejak setengah abad yang lalu, telur asin khas Brebes ini diproduksi. Saat ini bahkan industri telur asin di Brebes ini telah meluas dan juga menyediakan berbagai macam pilihan rasa dan kualitas telur asin.

Membuat telur asin ternyata sangat gampang dan mudah, tidak membutuhkan peralatan dan prosees yang ribet namun waktu yang dibutuhkan untuk memproduksinya yang membutuhkan waktu yang lama.

Bahan-bahan

  • 1-2 kg telur bebek
  • 0,5-1 kg garam
  • Air bersih
  • Abu gosok (sesuai kebutuhan)
  • Ember yang dapat ditutup

Proses pembuatan

1. Rendam telur dalam air, singkirkan telur yang mengapung karena tidak bagus biasanya mutu telur telah jelek. Bersihkan dan sikat kulit telur dengan hati-hati, anda juga dapat mengamplasnya sebentar saja agar garam dengan mudah masuk kedalam pori-pori kulit telur.

2. Campur garam dengan abu gosok dan air sampai rata dan usahakan tidak terlalu cair, usahakan adonan mudah untuk dibentuk.

3. Tutupi telur yang telah dibersihkan dengan adonan abu gosok sampai tertutupi, jangan terlalu tipis usahakan ketebalan abu gosok mencapai 3 cm.

4. Setelah semua telur terbungkus dengan adonan abu gosok, masukkan kedalam ember, lalu taburi kembali dengan abu gosok lalu tutuplah ember tersebut, diamkan sampai dengan 14 hari.

5. Setelah masa penyimpanan selesai, bersihkan telur dari abu gosok lalu rebus dengan api kecil selama 1 jam.

6. Telur asin kreasi sendiri siap disantap.