Wajik Kletik Klobot

Cara Membuat Wajik Kletik Klobot

Cara Membuat Wajik Kletik Klobot – Jika kamu berkunjung ke Kota Blitar, Tentu kamu akan melihat jajan pasar khas Blitar yaitu Wajik Kletik. Wajik mempunyai varian yang bermacam-macam bentuk dan rasanya.

Namun untuk wajik kletik ini terlihat berbeda dari wajik-wajik yang lainnya. Pasalnya wajik yang satu ini dibungkus menggunakan kulit jagung atau biasa disebut “klobot jagung”.

Uniknya, sebelum wajik ini dibungkus, klobot terlebih dahulu disetrika agar wajik terbebas dari bakteri sehingga wajik bisa tahan lama. Mengapa disebut Wajik, karena dia mempunyai bentuk jajar genjang yang disebut Wajik dalam istilah Jawa.

Baca Juga Artikel Menarik Lain-Nya : Resep Ayam Suwir Bumbu Kecap

Untuk cara pembuatan wajik kletik tidak berbeda dengan pembuatan wajik didaerah lainnya. Bahan dasarnya adalah beras ketan, gula jawa, kelapa muda yang diparut, untuk aroma bisa tambahkan vanili, jahe, dan daun pandan.

Semua bahan dicampur, diaduk hingga matang lalu dinginkan, potong menurut selera lalu dibungkus menggunakan klobot jangung. Kami membuat catatan resep tentang wajik kletik klobot tersebut, supaya kamu dapat membuatnya dirumah sendiri.

Bahan – Bahan Yang Dibutuhkan

  • 250 gram ketan putih
  • 2 buah kelapa yang agagk muda
  • 1 kg gula pasir
  • 2 bungkus agar-agar
  • 1 buah nanas
  • 1 sdt vanili
  • Klobot Jagung, jika tidak ada, kamu bisa menggantinya dengan kertas minyak

Cara Membuat

1. Masak ketan hingga lembek lalu sisihkan
2. Kelapa dan nanas diparut jadi satu lalu campurkan dengan menambahkan gula pasir, vanili dan remas sampai tercampur .
3. Masak sambil diaduk terus agar tidak gosong, dan setelah setengah matang masukkan ketan sambil diaduk.
4. Masukkan agar-agar bubuk serta aduk sampai menggumpal, dan jika dipinggiran wajan terdapat putih-putih brarti tandanya wajik sudah matang.
5. Angkat dan silahkan bungkus dengan bentuk yang anda inginkan

Dahulu pembuatan wajik identik dengan gula merah, namun saat ini banyak wajik yang menggunakan gula putih dan menggunakan pewarna makanan. Wajik adalah makanan yang sangat dikenal oleh masyarakat Jawa, Makanan yang terbuat dari beras ketan dan gula merah ini, biasanya hadir dalam sebuah acara hajatan warga. Akan tetapi, saat ini sudah banyak terjual dipasar-pasar, dan mengisi deretan dari golongan jajan pasar.