Kue Putu

Cara Membuat Kue Putu

Cara Membuat Kue Putu – Makanan yang satu ini mungkin tank banyak dikenal oleh anak-anak muda zaman sekarang, pasalnya kue ini termasuk jajanan tradisional yang saat ini sudah sangat jarang dijumpai. Kue yang berbahan baku tepung beras ini bernama “Kue Putu”, kue yang dibentuk dengan cara memasukkan adonan ke dalam bambu kecil yang sudah dipotong-potong.

Baca Juga Artikel Menarik Lain-Nya : Resep Semur Ayam Khas Medan

“Tuuuuut…tuuuut….tuuuut” begitu para pedagang keliling ini memberikan bunyi khas untuk menjual kue putu. Dahulu, Penjual kue putu biasanya keliling pada waktu sore hingga malam hari dengan cara memberi isyarat suara yang berasal dari suitan pada alat pengukus kue.

Kue Putu atau Puthu adalah salah satu jajanan khas Indonesia. Kue ini manis dan gurih, bahan dasarnya dari tepung beras yang berbentuk butiran kasar, lalu bagian tengah kue diisi dengan gula merah, dan penyajiannya sering ditaburi parutan kelapa.

Bagi anda yang suka membuat kue dirumah, anda bisa melihat ulasan yang kami rangkum dibawah ini.

  • Bahan Yang Diperlukan
    500 gram tepung beras
    300 ml Air
    1 sdt Garam halus
    100 gram Gula merah iris tipis
    1 butir Kelapa parut
    2 lembar daun pandan
    bambu berdiameter 3-5 cm untuk cetakan

 

  • Cara Membuat
    1. Panaskan air dalam panci dan masukan garam, daun pandan, dan aduk sebentar, angkat lalu diamkan sampai hangat
    2. Masukan tepung beras dalam wadah lalu tuangkan air pandan hangat sedikit-sedikit sambil diaduk dengan tangan hingga tercampur hingga membentuk butiran kasar.
    3. Saring adonan tepung tadi, hingga membentuk butiran halus
    4. Ambil cetakan bambu, masukkan setengah adonan tepung, lalu masukkan irisan gula merah, masukkan lagi adonan tepung dan ratakan.
    5. setelah bambu terisi adonan tepung dan gula merah, kukus adonan dengan api besar selama 10 menit.
    6. angkat dan keluarkan kue dari cetakkan bambu
    7. susun pada wadah dan beri taburan kelapa parut diatasnya
    8. Kue Putu siap untuk dinikmati

Sayangnya saat ini sangat jarang dijumpai pedagang keliling kue tradisional ini, Namun ada juga yang menjual kue tersebut di tempat-tempat seperti pasar tradisional.

Demikian Resep yang kami rangkum kali ini, semoga anda bisa mencoba membuatnya dirumah anda untuk menu jajanan tradisional yang hampir punah ini. Selamat mencoba