Cara Membuat Botok Khas Jawa Tengah

Cara Membuat Botok Khas Jawa Tengah

Cara Membuat Botok Khas Jawa Tengah – Botok Adalah makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Banyak sekali macam botok, seperti halnya botok teri, botok tahu, botok tempe, botok udang, dan masih banyak botok yang divariasi.

Awal mula makanan yang bahan bakunya dari kelapa ini memang terbuat dari ampas kelapa yang sudah diambil sarinya atau santannya. Lalu dimasak,supaya ampas kelapa yang masih bergizi tidak dibuang.

Ampas ini kemudian dibumbui dengan cabai, garam, merica, dan daun salam. Kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang untuk selanjutnya dikukus.

Pembuatan botok ini sebenarnya sangat mudah, mengingat bahan-bahannya yang tidak begitu sulit untuk mencarinya. Di warung-warung sekitar jawa tengah dan jawa timur sudah banyak menjual botok untuk menjadi pelengkap nasi saat makan.

Baca Juga Artikel Menarik Lain-Nya : Resep Ayam Suwir Bumbu Kecap

Namun, dibandingkan dengan membeli, alangkah baiknya anda mencoba untuk membuat botok dirumah sendiri. Selain itu, anda juga bisa menambambah bahan-bahan lain untuk membuat aroma yang khas dari botok ini.

Seperti petai china atau orang jawa bilang mlanding dan petet. Tentunya menurut kreasi dan selera anda. Jangan khawatir untuk membuat makan yang satu ini, Kali ini saya membuat ulasan tentang masakan jawa yang berasal dari ampas kelapa ini. Tak lupa juga saya merangkum resep dan bahan-bahan untuk membuat botok.

  • Bahan

> 300 gram kelapa parut
> 50 gram teri nasi ( bisa juga anda memakai bahan lainnya )
> 15 gram mlanding
> Daun salam (sebagai alas di adonan botok saat dibungkus daun pisang)
> 4 lembar daun pisang untuk membungkus

  • Bumbu Halus

> 5 buah cabai merah keriting
> 3 butir bawang merah>
> 2 siung bawang putih
> 1/2 sdt guula pasir
> 1/2 sdt garam

  • Cara Membuat

1. Campur kelapa parut dan bumbu halus kemudian aduk rata
2. Tambahkan mlanding, dan teari nasi kemudian aduk rata ( anda juga bisa menambahkan tahu, tempe,dll)
3. Ambil selembar daun pisang, beri daun salam, lalu beri adonan kelapa kemudian bungkus atau di tum dan semat memakai lidi
4. Kukus selama 40 menit dengan api sedang sampai matang
5. Jika daun sudah agak layu kecoklatan, angkat dan sajikan.

Sangat mudah bukan ? makanan ini memang bukan termasuk golongan makanan mewah, tapi makanan ini tidak kalah bergizi dengan makanan-makanan yang mahal. Selamat mencoba.