Buah Parijoto

Buah Parijoto

Pernahkah kalian mendengar atau bahkan melihat buah “Parijoto” ? Buah apakah itu, dan bagaimana bentuknya ? Jika kalian lihat pada foto diatas, tanaman tersebut termasuk tanaman buah yang unik, yang jarang kalian temukan di kota-kota besar lain. Dikarenakan tanaman tersebut hanya hidup di hutan dan dilereng-lereng pegunungan dengan ketinggian antara 900 hingga 2300 mpdl. Namun tumbuhan ini juga dapat tumbuh subur pada ketinggian 1600 mpdl, tentunya dengan suhu yang ideal seperti Gunung Muria Kudus.

Tanaman yang mempunyai nama latin (Medinilla Verrucosa), dapat kalian jumpai di Area Makam Sunan Muria Tepatnya di Gunung Muria Kota Kudus Jawa Tengah. Saat kalian berkunjung di Gunung Muria, akan banyak pedagang yang menyuguhkan buah parijoto tersebut dengan santun.

Berdasarkan penelitian dan masyarakat sekitar, Tumbuhan perdu yang berasal dari Filipina ini merupakan tanaman yang mempunyai beberapa khasiat bagi yang mengkonsumsinya. Tanaman yang memiliki buah bergerombol berwarna ungu gelap ini juga mempunyai mitos, bagi orang hamil muda yang memakan buah paritojo ini maka dipercaya akan mempunyai anak ganteng dan cantik menurut gender.

Parijoto juga mempunyai beberapa khasiat yang baik bagi manusia, diantaranya
1. Menjaga Kandungan Ibu Hamil
Kandungan Kardenolin, Saponin, dan Flavonid y ada di dalam daun dan buah parijoto ternyata baik sebagai nutrisi bagi ibu hamil.

2. Penambah Kesuburan
Buah ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Bukan hanya bagi wanita, Pria pun juga dapat meningkatkan kesuburan jika mengkonsumsi buah ini.

3. Obat Diare
Secara tradisional, warga sekitar Gunung Muria menggunakan Daun Parijoto untuk obat diare, dengan cara Cuci Daun parijoto sebanyak 20 gram lalu rebus dengan air 400 ml dan tunggu selama 15 menit hingga mendidih. Setelah mendidih, saring lalu dapat diminum 2x sehari.

4. Pencegah Sariawan
Buah yang berwarna unggu ini juga mengandung vitamin C yang berkhasiat mencegah sariawan. Warga sekitar biasanya mengambil buah parijoto seberat 5 gram,dicuci lalu ditumbuk. Setelah itu di larutkan dalam air matang 100 ml, kemudia digunakan untuk berkumur.

5. Baik untuk Penderita Kolesterol
Kolesterol atau LDL (Low densiti Lipoprotein) dan juga resiko penyakit Jantung dapat diturunkan dengan mengkonsumsi buah atau sayur yang mengandung Antioksidan tinggi salah satunya seperti buah parijoto ini.

Buah Parijoto

Selain itu, Buah Parijoto mempunyai rasa asam dan sedikit sepet, cocok untuk dijadikan rujak karena rasanya yang asam dan sedikit sepet. Tak sedikit beberapa warung di sekitar gunung muria yang menawarkan berbagai macam olahan dari buah parijoto ni.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.